Minggu, 06 Februari 2011

Sejarah prodi biologi

Program studi Biologi Universitas Airlangga diawali dengan pengembangan Lembaga Ilmu Dasar (Basic Natural Science/BNS) di Fakultas Kedokteran Unair yang sekarang lokasi ini menjadi bangunan Kedokteran pencegahan/ ilmu kesehatan masyarakat. Lembaga ini merupakan salah satu lembaga yang dikembangkan sesuai rencana induk pengembangan Universitas Airlangga tahun 1970-1979. Selanjutnya dari pengembangan lembaga ini, dengan didukung ketersediaan sumberdaya manusia (SDM) serta peralatan yang memadai, lahir Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Airlangga. pindah ke kampus B yang sekarang menjadi program Pasca sarjana, dan terakhir pindah ke kampus C.

Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga merupakan nama baru (tahun 2008) dari Jurusan Biologi dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahan Alam (FMIPA) yang berdiri sejak 1982. Pada saat itu Jurusan Biologi mengelola satu program studi yaitu S1-Biologi, namun dalam perkembangannya program studi ini telah banyak mengalami kemajuan.

Dengan diterimanya program hibah kompetisi DUE-Like (2002 – 2006) telah banyak merubah aktivitas dan kinerja sivitas akademika. Kemajuan tersebut terbukti dengan meningkatnya status akreditasi Program Studi Biologi menjadi A (berdasarkan SK 026/BAN-PT/Ak-IX/S1/I/2006). Selain itu kemajuan program studi juga ditunjukkan dengan telah dibukanya dua program studi baru yang terkait dengan penerapan bidang biologi, yaitu program studi S1-Ilmu dan Teknologi Lingkungan (ITL) dan program studi S2-Biologi (tahun 2008). Kedua program studi tersebut merupakan pengembangan program studi S1-Biologi yang bermanfaat untuk memenuhi permintaan stakeholder. Pada tahun 2010 – 2013, Progran Studi Biologi mendapatkan dana pengembangan dari Program Hibah Kemitraan Institusi (PHKI-B), sehingga kemampuan untuk berkembang menjadi lebih meningkat.



Departemen Biologi
Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga
Jalan Mulyorejo Kampus C Surabaya 60115
Telp/Fax: 031-5922427,
web: http://biologi.fst.unair.ac.id
email: biologi@unair.ac.id


Struktur organisasi Departemen Biologi Unair dan Dekan Fakultas

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Unair
(Prof. Win Darmanto, MSi. Ph.D.)
Dosen Biologi bidang Biologi Molekuler dan Teratologi 


 Ketua Departemen Biologi Unair   (Dr. Alfiah Hayati)
Dosen Biologi bidang keahlian Biologi reproduksi dan Molekuler reproduksi

Sekertaris Departemen Biologi (Tri Nurhariyati, S.Si, M.Kes)
Dosen Biologi bidang Mikrobiologi

Ketua Program Studi S1 Biologi Unair (Dr. Ni'matuzahroh)
Sekertaris BPF Universitas Airlangga
Dosen Biologi Bidang Mikrobiologi

 
ketua Program Studi S1 ITL (Prof. Dr. Ir. Agoes Soegianto, DEA)
Dosen Biologi dan ITL bidang Ekotoksikologi

Ketua program Studi S2 Biologi  (Dr. YS Wulan Manuhara)
Dosen Biologi bidang Bioteknologi Tanaman dan Rekayasa Genetika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar