Minggu, 06 Februari 2011

abstrak biorelbi


 Lomba Pemrov Pendidikan IPA Jatim 2010.
Hebert. Semester 5. Ketua. Dosen pembimbing: Prof. Dr.Ir. Agoes Soegianto
(Juara harapan 2)

ABSTRAK: BIORELBI (Biologi-Religi-Sulap Bizzare): Model Inovatif Penanaman Moral Dan Peningkatan Kognitif Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menuju Lulusan SMK Jawa Timur Yang Cerdas Dan Bermoral (Topik Limbah)

Lulusan SMK memiliki 2 peranan ke depan yang sangat besar dan cukup berat yaitu 1).siswa SMK adalah lulusan yang akan siap terjun ke lapangan kerja, maka diperlukan pengetahuan kognitif yang cukup untuk mampu bekerja dan selain itu juga dipersiapkan kecerdasan/ kreativitas agar mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. 2) siswa SMK memasuki fase remaja, remaja memiliki kepribadian tidak menentu yang mudah terseret dalam lingkungan pergaulan, yang dapat mempengaruhi kepribadian dan moralnya, siswa SMK menjadi tulang punggung bangsa maka harus menjadi lulusan yang cerdas dan bermoral. Banyaknya kasus tawuran pelajar, kenakalan remaja, narkoba, dan seks bebas, dan pelajaran PPKN yang masih belum dapat menghasilkan generasi bermoral, maka pemerintah mulai menerapkan kurikulum berbasis budaya dan karakter bangsa untuk diterapkan dalam pembelajaran di sekolah, dimana mata pelajaran diintegrasikan dengan lingkungan hidup, olahraga, dan pendidikan agama agar nantinya lulusan sekolah menjadi lulusan yang cerdas dan bermoral untuk masa depan Negara, karena itulah peran guru sangat penting. Biologi atau dalam SMK dikenal sebagai Ilmu pengetahuan alam adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap penulis mampu menjembatani penyampaian moral melalui agama dan sulap Bizarre disamping juga menarik minat siswa dalam belajar sehingga  meningkatkan moral baik siswa dan juga pemahaman materi. Metode ini disebut sebagai BIORELBI (Biologi-Religi-Sulap Bizzare). Penggunaan BIORELBI tidak sulit, menggunakan slide power point seperti biasanya yang sudah dikemas materi, nilai ketuhanan, dan nilai moral, disamping juga sulap sebagai daya tarik dan mempertegas makna penting dari materi yang disampaikan, sehingga perlu latihan dan kreativitas yang tinggi agar semua materi dapat dibuat BIORELBI. Dalam karya tulis ini topik materi yang dibahas adalah tentang limbah. Nilai moral dan kognitif setelah menerapkan BIORELBI dalam belajar limbah adalah: siswa SMK percaya diri bahwa siswa SMK dapat sukses mendapat pekerjaan, siswa SMK pada saat bekerja di mana pun berada, akan menjadi pemandu masyarakat akan keadaan lingkungan, siswa SMK semakin peduli dan tanggap terhadap permasalahan lingkungan di sekitar dan dapat mengaplikasikan solusi melalui bidang ilmu yang dipelajari, Siswa SMK semakin beriman, mengucap syukur, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa akan sempurnanya ciptaan Tuhan dan akan menjaga alam dan dirinya dari hal-hal yang tidak baik, dan siswa belajar akan pentingnya rasa peduli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar