Kamis, 10 Februari 2011

Hewan-Hewan Sebagai Inspirasi Penemuan Alat-Alat Canggih

Cheetah untuk kaki protestik(kaki buatan)/Flex Foot 
nama ilmiah: Acinonyx jubatus

Merupakan kaki buatan untuk penderita cacat kaki tungkai bawah, yang memungkinkan penderita cacat berjalan bahkan berlari lebih fleksibel dibandingkan kaki buatan biasa. 
adalah van l. Phillips yang berhasil menciptakan flex foot dengan diinspirasi dari anatomi kaki cheetah berbentuk "L" yang memiliki ligamen dan tendon yang panjang melekat di tulangnya dengan elastisitas yang sangat tinggi sehingga cheetah dapat berlari sangat kencang.


Kucing untuk reflektor cahaya di malam hari(a.k.a Mata Kucing)
nama ilmiah: Felis silvestris
Berterimakasihlah kepada Percy Shaw  yang menciptakan barang ini pada tahun 1935. Mata kucing merupakan salah satu kontribusi terbesar dalam keselamatan berkendaraan di jalan raya pada malam hari.



Tokek  untuk plester/lakban tanpa bahan perekat(gecko tape)
nama ilmiah: Gecko gecko
  ini merupakan salah satu green inovation, gecko tape merupakan plester atau lakban yang diciptakan tanpa menggunakan bahan perekat kimia, tetapi didisain dengan kontur plester seperti kaki pada kadal yang dapat menempel di dinding atau di langit langit rumah.
the manchester university scientists telah berhasil melakukan penelitian itu dan sudah diterapkan untuk pembuatan gecko tape, dengan demikian diharapkan teknologi ini dapat menekan penggunaan bahan kimia untuk perekat pada plester/lakban.





Burung Pelatuk untuk Helm Pengaman dan Palu
nama ilmiah: Famili. Picidae  genus: banyak   spesies : banyak, ex: Melanerpes sp.
Ingat kartun woody woodpecker....., si burung pelatuk yang nakal.
Kepala dan tubuh pelatuk dapat menahan kerasnya batang kayu ketika mereka sedang mematuk dengan paruhnya yang tajam.
Anatomi kepala burung pelatuk bisa dijadikan desain untuk helm yang lebih aman bagi pengguna kendaraan bermotor, selain itu, kemampuan kepalanya menahan benturan/impact ketika mematuk bisa menginspirasi para ahli untuk membuat palu yang kuat dan efektif dalam bekerja. 

 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar